Renungan Harian Katolik Senin 23 Mei 2022

Renungan Harian Katolik Senin 23 Mei 2022 Hari Biasa Pekan Paskah Ke VI Warna Liturgi Putih.

Renungan Katolik Senin 23 Mei 2022

Berikut ini Bacaan dan Renungan Harian Katolik Senin 23 Mei 2022, Lengkap Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil serta Bacaan Injil.

Bacaan Pertama: Kis. 16:11-15

Setelah Paulus mendapat pesan dari Surga supaya menyeberang ke Makedonia, kami, Paulus dan Silas, bertolak dari Troas dan langsung berlayar ke Samotrake.

Keesokan harinya tibalah kami di Neapolis; dan dari situ kami ke Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma.

Di kota itu kami tinggal beberapa hari. Pada hari Sabat kami keluar pintu gerbang kota.

Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ.

Setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang berkumpul di situ. Salah seorang dari perempuan-perempuan itu, yang bernama Lidia, turut mendengarkan.

Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, seorang yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus.

Sesudah dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, Lidia mengajak kami, katanya, “Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku.” Ia mendesak sampai kami menerimanya.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan: Mzm. 149:1-2,3-4,5-6a,9b

Ref. Tuhan berkenan kepada umat-Nya.

  1. Nyanyikanlah bagi Tuhan lagu yang baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh! Biarlah Israel bersukacita atas Penciptanya, biarlah Sion bersorak-sorai atas raja mereka.
  2. Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi! Sebab Tuhan berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang yang rendah hati dengan keselamatan.
  3. Biarlah orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur! Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, itulah semarak bagi orang yang dikasihi Allah.

Bait Pengantar Injil: Yoh 15:26b.27b

Ref. Alleluya.

Roh Kebenaran akan bersaksi tentang Aku, sabda Tuhan; tetapi kamu juga harus bersaksi.

Bacaan Injil: Yoh. 15:26-16:4a

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jikalau penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku. Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.

Kamu akan dikucilkan; bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.

Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya, kamu ingat bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Senin 23 Mei 2022

Bacaan Injil Hari ini dimulai dengan Yesus melanjutkan percakapan-Nya dengan murid-murid-Nya. Dia memberi tahu mereka bahwa dia akan mengirim “Roh Kebenaran” kepada mereka dari Bapanya.

Yesus juga memberi tahu murid-muridnya bahwa “Roh Kebenaran” itu akan bersaksi tentang Yesus. Dan pada gilirannya, para murid akan pergi dan bersaksi kepada orang lain dan kepada dunia.

Saya bertanya-tanya apa yang para murid pikirkan ketika Yesus memberi tahu mereka bahwa mereka akan mengubah dunia melalui kesaksian mereka? Apakah mereka pikir ini akan menjadi agung dan mulia?

Apakah mereka bertanya-tanya apakah mereka akan menjadi terkenal? Namun, Yesus dengan cepat menghilangkan ilusi kebesaran itu. Yesus memperingatkan mereka bahwa mereka akan dianiaya karena kesaksian mereka.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Jumat 20 Mei 2022

Mereka juga akan diusir dari sinagoga dan bahkan mungkin dihukum mati! Dapatkah Anda bayangkan bagaimana reaksi para murid terhadap kata-kata Yesus? Apakah mereka ketakutan?

Atau apakah mereka merasa diberdayakan? Apakah komitmen dan kasih mereka kepada Yesus begitu dalam dan kuat sehingga mereka bertekad untuk mengikuti Dia bahkan jika mereka mungkin dianiaya atau mungkin dihukum mati?

Seberapa besar komitmen kita kepada Yesus? Kemungkinan besar kita tidak akan digantung di kayu salib! Namun, jika kita memilih untuk mengikuti jejak Yesus, kita mungkin juga harus menghadapi kritik, penghakiman, atau bahkan penganiayaan.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 21 Mei 2022

Sedih untuk dikatakan, dunia kita saat ini tidak jauh berbeda dengan dunia tempat Yesus hidup. Dengarkan saja berita pagi atau sore hari. Di banyak kota, biasanya ada laporan kejahatan dll. Jarang ada “kabar baik” di pagi atau sore hari.

Jika kita ingin mengikuti jejak Yesus, hari ini semoga kita berusaha untuk memperhatikan “kabar baik” dalam hidup kita dan di dunia kita. Mungkin kita bisa menciptakan “kabar baik” dengan mencerahkan hari seseorang.

Siapa tahu? Jika kita berusaha membawa “kabar baik” ke rumah, kota, dunia kita, mungkin praktik ini akan “menjadi viral” dan menular! Yesus membawa “kabar baik” ke dunianya dan pesannya diberitakan setiap hari, ratusan tahun setelah kematiannya!

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Minggu 22 Mei 2022

Kita juga mungkin memiliki pengaruh sewaktu kita membagikan “kabar baik”. Lagi pula, kita tidak akan rugi dengan mencoba!

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa Maharahim, semoga rahmat Paskah yang telah kami terima, menghasilkan buah berlimpah dalam hidup kami.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Terimakasih sudah membaca Renungan Harian Katolik Senin 23 Mei 2022.

error: Content is protected !!