Renungan Harian Katolik Selasa 3 Mei 2022

Renungan Harian Katolik Selasa 3 Mei 2022 Pekan Paskah Ke III Pesta St. Filipus dan St. Yakobus Warna Liturgi Merah.

Renungan Katolik Selasa 3 Mei 2022

Berikut ini Bacaan dan Renungan Harian Katolik Selasa 3 Mei 2022, Lengkap Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil serta Bacaan Injil.

Bacaan Pertama: 1Kor 15:1-8

Saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu akan Injil yang aku beritakan kepadamu dan telah kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.

Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, sebagaimana kuberitakan kepadamu; kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, yakni bahwa Kristus telah wafat karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci;

Bahwa Ia telah dimakamkan, dan pada hari yang ketiga telah dibangkitkan sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas, dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.

Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.

Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, lalu kepada semua rasul. Dan yang paling akhir Ia menampakkan diri juga kepadaku, seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan: Mzm 19:2-3.4-5

Ref. Nama Tuhan hendak kuwartakan di tengah umat kumuliakan.

  1. Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan karya tangan-Nya; hari yang satu mengisahkan kepada hari yang lain, dan malam yang satu menyampaikan pengetahuannya kepada malam berikut.
  2. Meskipun tidak berbicara, dan tidak memperdengarkan suara, namun di seluruh bumi bergaunglah gemanya, dan amanat mereka sampai ke ujung bumi.

Bait Pengantar Injil: Yoh 14:6

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tak seorang pun dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.

Bacaan Injil: Yoh 14:6-14

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada Tomas, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup.

Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.

Sekarang ini kamu mengenal Dia, dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada Yesus, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?

Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata ‘Tunjukkanlah Bapa kepada kami?’ Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?

Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya, barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu.

Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Selasa 3 Mei 2022

Hari ini Yesus memberi tahu para murid-Nya bahwa jika mereka mengenal Dia, mereka juga akan mengenal Bapa-Nya. Filipus kemudian meminta Yesus untuk menunjukkan kepada mereka Bapa-Nya.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa jika Yesus menunjukkan kepada mereka Bapa-Nya, maka mereka akan percaya pada apa yang Yesus katakan. Yesus pasti sangat kecewa pada Filipus dan kebutuhannya akan bukti.

Filipus sudah lama bersamanya tetapi jelas dia masih belum sepenuhnya percaya dan percaya kepada Yesus. Dia ingin bukti. Yesus pasti bertanya-tanya mengapa, setelah sekian lama bersama, Filipus dan murid-murid lainnya masih tidak mengerti siapa Dia.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Minggu 1 Mei 2022

Apa yang diperlukan bagi mereka untuk percaya dan percaya siapa Dia? Seberapa sering kita meminta bukti kepada Yesus? Kadang-kadang, Kita juga meminta Yesus untuk mengirimkan saya tanda yang jelas bahwa Dia bersama Kita.

Jika kita menerima suatu tanda, maka kita akan mengetahui dengan pasti bahwa Yesus menyertai kita. Iman dan kepercayaan sulit dalam hubungan manusiawi kita dan mungkin lebih sulit lagi dalam hubungan kita dengan Tuhan dan Yesus.

Setidaknya, dengan manusia kita bisa melihat mereka, mendengar mereka, dan berbicara dengan mereka. Kami melihat ekspresi wajah dan bahasa tubuh mereka. Ekspresi ini dapat mengomunikasikan banyak informasi kepada kita.

Namun, kita tidak dapat melihat Tuhan, Yesus, atau Roh Kudus. Percaya tanpa bukti adalah sulit bagi kebanyakan manusia. Namun, Yesus menginginkan agar kita percaya dan percaya tanpa melihat-Nya.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Senin 2 Mei 2022

Kita dapat memilih untuk percaya kepada Yesus dan percaya pada kasih dan perhatian-Nya bagi kita atau kita dapat mengembara melalui hidup tanpa jangkar, tanpa seseorang yang lebih besar dari diri kita sendiri untuk percaya.

Percaya dan percaya kepada Yesus adalah tantangan, terutama selama masa-masa sulit dan sulit. Pada saat-saat seperti ini, saya biasanya ingin memiliki perasaan yang nyata bahwa Yesus bersama saya.

Sesekali, saya diberi semacam tanda. Namun, seringkali saya hanya harus percaya bahwa Yesus bersama saya. Ini tidak mudah. Namun, ketika saya dapat percaya bahwa Yesus hadir bersama saya, maka saya memiliki lebih banyak kekuatan dan harapan.

Karunia kepercayaan dan harapan ini memungkinkan saya untuk membuka pikiran dan hati saya dan untuk melihat Yesus. Hari ini semoga kita memohon kepada Yesus untuk menganugerahkan karunia kepercayaan dan harapan kepada-Nya.

Yang terpenting, semoga kita memercayai Yesus untuk memberi kita semua yang kita butuhkan. Yesus hadir bersama kita setiap saat setiap hari, menguatkan kita dan memberkati kita; namun, kita harus tetap terjaga dan waspada akan hadirat-Nya! Jika kita tidak bangun, kita akan merindukan Dia!

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa, kerinduan umat manusia, Engkau telah memperkenankan kami bergembira merayakan Pesta rasul-Mu Filipus dan Yakobus. Kami percaya akan bantuan doa mereka.

Maka kami mohon semoga kami Kauperkenankan bersama mereka ikut serta dalam sengsara dan kebangkitan Putra-Mu dan pada suatu ketika memandang wajah-Mu dalam kebahagiaan abadi.

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Terimakasih sudah membaca Renungan Harian Katolik Selasa 3 Mei 2022.

error: Content is protected !!