Renungan Harian Katolik Selasa 17 Mei 2022

Renungan Harian Katolik Selasa 17 Mei 2022 Hari Biasa Pekan Paskah Ke V Warna Liturgi Putih.

Renungan Katolik Selasa 17 Mei 2022

Berikut ini Bacaan dan Renungan Harian Katolik Selasa 17 Mei 2022, Lengkap Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil serta Bacaan Injil.

Bacaan Pertama: Kis. 14:19-28

Waktu Paulus dan Barnabas di Kota Listra datanglah orang-orang Yahudi dari Antiokhia dan Ikonium, dan mereka membujuk orang banyak supaya memihak mereka.

Lalu mereka melempari Paulus dengan batu, dan menyeretnya ke luar kota, karena mereka menyangka, bahwa ia telah mati.

Akan tetapi ketika murid-murid berdiri mengelilingi dia, bangkitlah ia lalu masuk ke dalam kota. Keesokan harinya berangkatlah ia bersama-sama dengan Barnabas ke Derbe.

Paulus dan Barnabas memberitakan Injil di Kota Derbe dan memperoleh banyak murid. Lalu kembalilah mereka ke Listra, Ikonium dan Antiokhia.

Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid, dan menasihati mereka supaya bertekun di dalam iman.

Mereka pun mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara.

Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat setempat, dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

Paulus dan Barnabas menjelajah seluruh Pisidia dan tiba di Pamfilia. Di situ mereka memberitakan firman di Perga, lalu pergi ke Atalia, di pantai. Dari situ berlayarlah mereka ke Antiokhia.

Di tempat itulah mereka dahulu diserahkan kepada kasih karunia Allah untuk memulai pekerjaan yang kini telah mereka selesaikan. Setibanya di situ mereka memanggil jemaat berkumpul,

lalu mereka menceritakan segala sesuatu yang dilakukan Allah dengan perantaraan mereka, dan bahwa Ia telah membuka pintu bagi bangsa-bangsa lain kepada iman. Di situ mereka lama tinggal bersama-sama dengan murid-murid.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan: Mzm. 145:10-11,12-13b,21

Ref. Orang-orang yang Kaukasihi, ya Tuhan, mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu.

  1. Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.
  2. Mereka memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan memaklumkan kerajaan-Mu yang semarak mulia. Kerajaan-Mu ialah kerajaan abadi. Pemerintahan-Mu lestari melalui segala keturunan.
  3. Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada Tuhan dan biarlah segala makhluk memuji nama-Nya yang kudus untuk seterusnya dan selamanya.

Bait Pengantar Injil: Luk 24:46,26

Ref. Alleluya, alleluya.

Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya.

Bacaan Injil: Yoh. 14:27-31a

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu.

Janganlah gelisah dan gentar hatimu! Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu.

Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar daripada Aku.

Sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya apabila hal itu terjadi, kamu percaya.

Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang, namun ia tidak berkuasa sedikit pun atas diri-Ku.

Tetapi dunia harus tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa, dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Baca Juga: Kalender Liturgi Katolik Bulan Mei 2022

Renungan Harian Katolik Selasa 17 Mei 2022

Dalam kutipan bacaan injil hari ini “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu” Hari ini kita mendengar sebuah kata pendek dari Yesus.

Namun dalam beberapa kata itu, kita menerima pesan yang kuat dan hadiah yang penuh kasih dari Yesus.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Jumat 13 Mei 2022

Damai adalah kata yang singkat dan sederhana, namun karunia perdamaian adalah harta yang besar.

Luangkan waktu sejenak dan ingat salah satu saat paling damai dalam hidup Anda. Mungkin setelah pernikahan Anda atau kelahiran bayi.

Mungkin itu hanya saat dalam hidup Anda ketika semuanya baik-baik saja. Bahkan ketika hidup sulit dan banyak menghadapi permasalahan, kita masih bisa mengalami saat-saat damai.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 14 Mei 2022

Mungkin sedang duduk diam atau saat Anda sedang bermain dengan anak atau cucu Anda. Mungkin saat-saat di alam ketika Anda dikelilingi oleh keindahan dan pemandangan.

Kedamaian bukanlah sesuatu yang bisa kita buat untuk diri kita sendiri. Namun, kita dapat membuat pilihan yang membantu membawa kedamaian bagi kita.

Mungkin latihan doa atau berbicara dengan pasangan, teman atau keluarga. Mungkin sekadar menikmati alam, bersama keluarga, mendengarkan musik, bergoyang di kursi goyang, atau berdoa dan berdiam diri.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Minggu 15 Mei 2022

Damai adalah hadiah dari Yesus. Seperti halnya hadiah, kita dapat memilih untuk menerima hadiah, mengabaikan hadiah, atau menolak hadiah.

Yesus rindu memberi kita kedamaian! Hari ini akankah kita menerima pemberian-Nya?

Maukah kita membuka pikiran dan hati kita terhadap karunia besar ini? Yesus sedang menunggu kita! Semoga.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Senin 16 Mei 2022

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa kami yang hidup, berkat kebangkitan Kristus Engkau telah memulihkan hidup kami. Semoga kami teguh mengharapan hidup abadi, sebab Engkaulah yang menjanjikannya.

Ampunilah kami orang yang berdosa ini. Semoga esok kami mampu bangun lagi, dengan semangat hidup yang baru sesuai dengan kehendak-Mu.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Terimakasih sudah membaca Renungan Harian Katolik Selasa 17 Mei 2022.

error: Content is protected !!